Membuat Desain Rumah penuh dengan
kesabaran dan kreativitas, tentunya disesuaikan dengan fungsi dan kegunaan
dalam pembagian ruangan, pastikan poin-poin ruangan apa saja yang akan di
perentukan dalam sebuah rumah yang kita desain, tentunya dengan melihat jumlah
keluarga serta kenyamanan berikut contoh desain rumah menggunakan Google
Sketchup yang saya kutip dari arsha.wordpress.com Posting ini berisi sekitar 25 gambar. kunci
dasarnya: buat bentuk, tarik dan dorong, beri warna dan efek, selesai.
Mari kita mulai!
Tampilan (interface)
Google Sketchup. sangat sederhana dan minimalis. Tapi, kemampuannya bisa
diandalkan, tergantung kreativitas Anda.
Alat-alat (tools)
utama untuk membuat desain.
Buat desain dasar
sesuai selera Anda. Saya akan membuat desain rumah persegi panjang (memanjang
dari depan ke belakang. Maka, saya membuat empat persegi panjang menggunakan
Rectangle. Caranya mudah, clik Rectangle (disamping gambar pensil).
Klik di pertemuan sudut
didepan gambar wanita yang sedang berdiri, ratik ke belakang dan kesamping,
nanti di bagian Measurements akan beruban menjadi Dimension (sebelah kanan
bawah) akan ada ukuran sekian meter x sekian meter. Jika ukuran yang diinginkan
sudah pas, silahkan berhenti dan klik. Anda akan mendapat satu bentuk persegi
panjang berwarna abu-abu.
Untuk mendapat bentuk
bundar, silahkan gunakan Circle (gambar lingkaran). Untuk segi tiga dan
sembarang, silahkan gunakan Line (gambar pensil).
Untuk membuat bentuk
3D, silahkan klik icon Push/Pull (gambar kubus dengan panah merah
keatas). klik dan tahan (drag and drop) kemudian tarik keatas. Pada kolom
Measurements akan berubah menjadi Distance, silahkan berhenti pada ketinggian
yang Anda inginkan. Saya berhenti pada tinggi 3.5 M, sesuai untuk tinggi rumah
di pedesaan.
Sampai disini, Anda
sudah berhasil membuat satu bentuk gambar tiga dimensi (3D). Sangat mudah,
bukan?! Hanya menarik satu kali saja.
Untuk membuktikan
gambar 3D, silahkan klik icon Orbit (mirip logo telkomsel, disamping gambar
tangan). silahkan klik area mana saja, tahan dan putar ke kiri, kanan, atas
atau bawah. Anda bisa melihat semua sisi gambar 3D yang telah Anda buat.
Icon/tool Orbit ini
berguna untuk memutar gambar saat Anda ingin membuat perubahan/desain pada sisi
lain. Contoh: saya akan membuat atap, maka sialhkan putar gambar seperti tadi,
posisikan bagian atas menghadap ke arah kita (bisa kelihatan dengan jelas
(lihat gambar dibawah!). Istilahnya: eye bird view (dilihat dari atas/sudut
pandang burung). Lihat gambar dibawah!
Untuk membuat atap,
klik Line (gambar pensil), arahkan pada bagian tengah di garis depan (akan
muncul titik biru dengan tulisan Midpoint). Kik dan arahkan ke garis belakang,
klik dibagian midpoint seperti pada garis depan. Anda akan memiliki satu garis
tepat ditengah-tengah seperti gambar diatas.
Kik icon Move (gambar
anak panah bersilang berwarna merah, arahkan saja mouse Anda ke icon-icon nanti
akan muncul namanya), tahan dan tarik keatas. Measurement akan berubah menjadi
Length, silahkan berhenti pada ketinggian atap yang Anda inginkan.
Ini hasilnya. Ternyata
membuat atap sangat gampang. Hanya menarik satu kali saja. Yang harus Anda
perhatikan adalah, saat menarik atap keatas usahakan agar tetap lurus simetris
dan tidak miring. Tidak usah khawatir, Anda geser saja ke kiri ke kanan dan
ketengah, saat muncul tulisan On Blue Axis, berarti atap anda tidak miring.
Atap biasanya menjorok
keluar. Silahkan tambahkan garis menggunakan Line. Saya buat garis horizontal
(lurus kesamping) untuk atap dan garis vertikal (lurus keatas) untuk mendorong
dinding agar agak ke belakang sebelah.
Untuk membuat atap
menjorok, klik dinding sebelah kiri, gunakan icon Push/Pull untuk mendorong
didnding tersebut. Lakukan hal yang sama untuk membuat atap sebelah kanan
(lihat gambar diatas!).
Sekarang, dorong
dinding (kiri) sebelah depan biar agak menjorok kebelakang sekitar dua meter.
Dorong dinding (kanan)
sebelah depan biar agak menjorok kebelakang sekitar satu meter. Apa
gunanya? untuk membuat atap depan yang menjorok keluar.
Buat garis bantu agar
posisi atap yang akan menjorok memiliki ukuran simetris. Hapus garis bantu yang
tidak digunakan dengan Eraser (icon dengan gambar penghapus).
Dorong atap sebelah
bawah menggunakan Push/Pull. Agar rata dengan didning depan, saat mendorong
arahkan kursor mouse ke dinding bawah, nanti akan ada garis berwarna biru,
silahkan lepaskan.
Inilah hasilnya. Anda
bisa menggunakan teknik berbeda. Ini hanya teori dasar saja.
Tampak depan (front
view). Silahkan putar menggunakan Orbit.
Untuk membuat jendela
dan pintu, silahkan buat pola garis sesuai keinginan Anda. gunakan Line atau
Rectangle. atur ukurannya dengan melihat kolom Measurement. (front view)
Tampak samping (side
view).
Untuk membuat efek,
Anda bisa menggunakan icon Offset disamping icon Orbit. Klik icon offset
kemudian klik pada bagian yang ingin ditambahi efek, disini saya klik salah
satu jendela. tahan dan tarik keluar atau kedalam. Akan muncuk bentuk serupa
didalam bentuk aslinya, silahkan geser-geser sampai pas lalu lepaskan. Lihat
gambar diatas!
Apa gunanya? 1. Anda
biasa menarik bingkai keluar seperti kayu jendela/pintu yang menonjol. 2. Atau
mendorong kaca jendela ke dalam. 3. Memberi warna atau material yang berbeda
antara kusen kayu dengan kaca jendela, antara kusen pintu dengan daun pintu,
antara kusen ventilasi dengan lubang ventilasi, dll.
Katakanlah semuanya
sudah jadi.
Kusen jendela ditarik
sedikit keluar. Kaca jendela didorong sedikit kedalam. Pintu diberi
bentuk-bentuk seperti persegi dan lingkaran, setelah itu sebagian ditarik dan
sebagian didorong. Hasilnya cukup mirip dengan kusen asli.
Untuk memberi warna
atau material, cari di Menu Bar: klik Windows-Material. Akan tampil jendela
diatas. Anda bisa memilih warna atau material. silahkan klik segitiga kecil
berwarna hitam disamping tulisan Wood, akan muncul pilihan material. Wood;
untuk kayu, Roof: untuk atap/genteng, Stoone: untuk lantai atau dinding batu,
dst.
Untuk memberi warna
atau material, silahkan klik warna atau material yang diinginkan, kemudian klik
bagian yang ingin diberi warna. seperti gambar diatas.
Kaca jendela bisa
diberi efek kaca transfaran. cari material Translucent, pilih salah satunya.
Lihat! gambar kaca diatas sudah transfaran, sudut ruangan bagian dalam bisa
terlihat dari luar.
Atau yang
sederhana tapi elegan seperti gambar ini. Untuk bagian samping dan belakang,
jika ingin ditambahi jendela dan pintu, silahkan lakukan seperti cara tadi. Ini
bukan cara satu-satunya, hanya cara dasar, Anda bisa menggunakan kreatifitas
Anda sebebas mungkin.
Jika sudah selesai,
bisa Anda simpan berupa file .JPG. Caranya: Klik File-Export-2D graphic. Beri
nama dan tentukan tempat untuk menyimpannya.
Silahkan berkreasi sesuai dengan keinginan anda, asik bukan mendesain rumah sendiri dengan tampilan 3D.
Sumber :arhsa.wordpress.com
0 Response to "MENDESAIN RUMAH DENGAN SKETCHUP"
Posting Komentar